Senin, 22 Oktober 2012

Sudah Masterkah Saya?


Pasti banyak di antara anda yang bertanya demikian selagi anda terus menerus meningkatkan kemampuan lewat berbagai latihan, pertandingan, dan turnamen. Sebenarnya apa sih yang jadi indikator utama apakah anda sudah master atau belum? Sebenarnya sederhana saja. Indikatornya adalah jika anda melihat sebuah diagram posisi Shogi (apapun juga susunannya) dan anda tau apa langkah yang harus dimainkan oleh masing-masing pemain, berdasarkan teori-teori yang anda kuasai, maka anda sudah terbilang master. Bagaimana cara anda melakukan analisa terhadap sebuah susunan buah-buah Shogi di papan? Saya akan berikan ringkasannya :


-          Jika susunan di papan masih berupa susunan awal (belum berubah sama sekali), maka gunakan opening analysis (OPA). Opening analysis memiliki fokus utama adalah bagaimana bentuk pertahanan Raja (castle) anda. Kemudian fokus lainnya adalah buah-buah Shogi apa saja yang akan digerakkan pertama kali untuk maju menyerang. Lewat OPA ini juga anda bisa menganalisa tentang kelemahan castle (baik di kubu anda maupun lawan). Dengan demikian anda bisa mewaspadai segala bentuk serangan lawan ke titik lemah castle anda, dan anda bisa mencoba memfokuskan serangan (nantinya) ke titik lemah castle lawan.
-          Jika susunan di papan sudah tidak lagi berupa susunan awal, namun di papan terlihat ada Raja yang kena Skak, maka gunakan check respond analysis (CRA). Fokus pada CRA adalah untuk menentukan jenis Skak (termasuk Skakmat, Semi-Mat, atau Skak biasa), dan menentukan respon terbaiknya seperti apa.
-          Jika susunan di papan sudah tidak lagi berupa susunan awal, dan tidak ada Raja yang kena Skak, maka coba dulu lakukan endgame analysis (EGA). Tujuan EGA adalah melihat apa Raja sedang dalam keadaan Sumero, Sumero posisi, atau tidak Sumero sama sekali. EGA juga bertujuan melihat prospek apakah seorang pemain bisa membuat Sumero terhadap Raja lawannya.
-          Jika susunan di papan sudah tidak lagi berupa susunan awal, tidak ada Raja yang kena Skak, dan anda yakin pertandingan masih belum memasuki babak akhir (endgame) sehingga tidak perlu dilakukan EGA, maka cobalah lakukan general analysis (GNA). Konsep GNA (biasa juga disebut konsep analisa umum) adalah analisa lapangan (angan). Fokus pada angan adalah mencari 4 lemah (kelemahan petak, kelemahan struktur buah Shogi, buah Shogi yang tidak ada penjaganya sama sekali, dan kelemahan defend terhadap buah Shogi atau petak tertentu). Analisa lapangan dapat membantu anda dalam memberikan begitu banyak ide tentang langkah apa yang sebaiknya anda mainkan.

Well….manapun analisa yang anda jalankan, jangan lupa untuk memeriksa kelayakan dari tiap langkah yang akan dimainkan lewat analisa jangka pendek (APEN) dan analisa jangka panjang (APAN). Dengan demikian anda bisa terbebas dari blunder. Dan jika lawan melakukan blunder, anda bisa langsung mengetahuinya dalam sekejap dan tahu bagaimana cara menghukumnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar