Semua
langkah dalam pertandingan Shogi pasti memiliki manfaat. Namun untuk anda
ketahui, langkah-langkah itu juga mempunyai kelemahan.
Secara
umum, ada 4 manfaat dari sebuah langkah. Manfaat pertama adalah menambah
pengaruh buah Shogi sendiri di petak tertentu. Manfaat kedua adalah mengurangi
pengaruh buah Shogi lawan di petak tertentu. Manfaat ketiga adalah mendapatkan
tambahan buah Shogi di Drop Zone, melalui sebuah langkah menangkap. Manfaat
keempat adalah menutup akses gerak buah Shogi lawan.
Ketika
kita memainkan sebuah langkah untuk manfaat-manfaat tertentu, bisa jadi malah
kita menciptakan kelemahan juga. Jika langkah yang kita mainkan adalah dengan
menggerakkan buah Shogi di papan, maka kelemahan yang pasti terjadi adalah
mengurangi pengaruh buah Shogi yang digerakkan di petak tertentu. Terkadang
langkah gerak juga mengandung kelemahan mengurangi pengaruh buah Shogi kawannya
di petak tertentu. Jika langkah dilakukan dengan drop, kelemahan yang mungkin
timbul adalah mengurangi pengaruh buah Shogi kawannya di petak tertentu. Drop
sendiri juga memiliki kelemahan yakni berkurangnya materi di Drop Zone. Jika
drop yang anda lakukan sia-sia akan menjadi sebuah blunder juga pastinya. Intinya
dari apa yang sudah saya sebutkan, sebuah langkah memiliki kelemahan berupa
berkurangnya pengaruh buah Shogi sendiri di petak tertentu.
Apakah
kelemahan sebuah langkah hanya itu saja? Tidak! Untuk kelemahan umum, masih ada
satu lagi yang mungkin terjadi. Sebuah langkah (baik dengan gerak atau drop)
bisa menutup akses gerak dari buah Shogi kawannya. Ini membuat ada buah Shogi
kawan yang tadinya bisa bergerak ke petak tertentu, jadi tidak bisa bergerak ke
petak tersebut karena terhalang buah Shogi kawannya sendiri.
Perhatikan
diagram di atas! Jika sekarang giliran Sente dan Sente memainkan langkah P-6f
(Pion 6g ke 6f), maka anda bisa melihat bahwa langkah itu bermanfaat untuk
menambah pengaruh di petak 6e. Tujuannya adalah pertukaran Pion, dan akan
menghasilkan posisi Benteng Sente ada di 6f. Dengan posisi ini, Sente berhasil
mem-Fork Emas lawan di 6i dan juga Gajah lawan di 6b. Kedua buah Shogi Gote
tersebut tidak ada defendernya, sehingga Sente bisa tangkap gratis. Rencana ini
kelihatan sempurna bukan? Namun langkah P-6f itu sebenarnya menuai sebuah
kelemahan. Benteng Sente yang ada di 8f kehilangan pengaruh di petak 5f, 4f,
3f, 2f, dan 1f. Memang kelemahan itu tidak terlalu penting. Kelemahan
pentingnya adalah, Benteng Sente di 8f, kehilangan kemampuan bergerak ke petak
6f, 5f, 4f, 3f, 2f, dan 1f. Jika setelah Sente memainkan P-6f, Gote memainkan
G*7e (drop Gold di petak 7e), maka Benteng Sente pasti tertangkap.
Kembali
ke diagram. Jika berdasarkan pada posisi diagram yang giliran jalan adalah
Gote, Gote akan memainkan P-2h+ (Pion ke 2h dan promosi). Ini adalah langkah
yang brilian! Mengapa? Langkah ini hanya punya satu kelemahan yakni berupa
mengurangi pengaruh Gote di petak 2h. Tapi kelemahan ini sama sekali tidak
mengganggu Gote. Sebaliknya langkah P-2h+ malah memiliki banyak manfaat. Manfaat
yang jelas bisa anda lihat adalah menambah pengaruh di petak 1h. Pion Promosi
Gote mengancam Benteng Sente. Manfaat kedua adalah mencegah Benteng Sente kabur
ke petak 3h, 4h, 5h, 6h, 7h, 8h, atau 9h. Dan yang terpenting adalah manfaat
ketiga, yakni mengurangi pengaruh Sente di petak 3h, 4h, 5h, 6h, 7h, 8h, dan
9h. Pada diagram, nilai awal petak 8h adalah 0. Setelah Gote melangkah P-2h+,
maka nilai awal petak 8h menjadi -1. Ya, benar sekali! Gote sedang mengancam
Skakmat Raja Sente alias Sumero (ingat, Gote punya 1 Emas di Drop Zone)!
Jika
anda ingin melakukan sebuah langkah, selain pikirkan manfaatnya pikirkan juga
kelemahannya. Inilah inti dari analisa jangka pendek. Jangan sampai langkah
anda memiliki manfaat yang jauh lebih kecil daripada kelemahannya.
Manfaat
sebuah langkah sebenarnya bisa dibagi menjadi dua jenis. Manfaat langkah itu
apakah akan diposisikan untuk menyerang atau bertahan. Anda pasti sudah paham
tentang perbedaan konsep menyerang dan bertahan bukan? Saya tidak perlu
jelaskan lagi. Ketika anda akan menyerang, coba pikirkan cara lawan (pada
langkah selanjutnya) bertahan. Sebaliknya jika anda bertahan, pikirkan cara
lawan (pada langkah selanjutnya) akan menyerang anda. Inilah inti dari konsep
analisa jangka panjang.
Sebuah
langkah pasti mempunyai manfaat, namun belum tentu memiliki tujuan. Mengapa
bisa demikian? Itu karena tujuan dari sebuah langkah adalah ketika anda tau
persis manfaat dari langkah yang anda mainkan. Jadi langkah yang bertujuan
adalah langkah yang memang sengaja anda mainkan untuk memperoleh manfaat dari
langkah tersebut. Langkah yang tidak bertujuan sendiri adalah langkah yang
asal-asalan saja. Pemainnya sendiri tidak tau kenapa dia melangkah demikian.
Alasan lain pemain yang melangkahkan sebuah langkah tanpa tujuan adalah dia
memainkan langkah itu karena bisa dimainkan. Pemain yang biasanya memainkan
langkah tanpa tujuan adalah pemain yang sangat-sangat pemula.
Jadi
mulai dari sekarang, selalu pikirkan setiap manfaat dari langkah yang akan anda
mainkan. Pikirkan pula kelemahannya. Biasakan untuk selalu melakukan analisa
jangka pendek dan analisa jangka panjang untuk memeriksa apakah langkah yang
akan anda mainkan itu layak dimainkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar