Rabu, 24 Oktober 2012

Manfaat dan Kelemahan Langkah


Semua langkah dalam pertandingan Shogi pasti memiliki manfaat. Namun untuk anda ketahui, langkah-langkah itu juga mempunyai kelemahan.


Secara umum, ada 4 manfaat dari sebuah langkah. Manfaat pertama adalah menambah pengaruh buah Shogi sendiri di petak tertentu. Manfaat kedua adalah mengurangi pengaruh buah Shogi lawan di petak tertentu. Manfaat ketiga adalah mendapatkan tambahan buah Shogi di Drop Zone, melalui sebuah langkah menangkap. Manfaat keempat adalah menutup akses gerak buah Shogi lawan.

Ketika kita memainkan sebuah langkah untuk manfaat-manfaat tertentu, bisa jadi malah kita menciptakan kelemahan juga. Jika langkah yang kita mainkan adalah dengan menggerakkan buah Shogi di papan, maka kelemahan yang pasti terjadi adalah mengurangi pengaruh buah Shogi yang digerakkan di petak tertentu. Terkadang langkah gerak juga mengandung kelemahan mengurangi pengaruh buah Shogi kawannya di petak tertentu. Jika langkah dilakukan dengan drop, kelemahan yang mungkin timbul adalah mengurangi pengaruh buah Shogi kawannya di petak tertentu. Drop sendiri juga memiliki kelemahan yakni berkurangnya materi di Drop Zone. Jika drop yang anda lakukan sia-sia akan menjadi sebuah blunder juga pastinya. Intinya dari apa yang sudah saya sebutkan, sebuah langkah memiliki kelemahan berupa berkurangnya pengaruh buah Shogi sendiri di petak tertentu.

Apakah kelemahan sebuah langkah hanya itu saja? Tidak! Untuk kelemahan umum, masih ada satu lagi yang mungkin terjadi. Sebuah langkah (baik dengan gerak atau drop) bisa menutup akses gerak dari buah Shogi kawannya. Ini membuat ada buah Shogi kawan yang tadinya bisa bergerak ke petak tertentu, jadi tidak bisa bergerak ke petak tersebut karena terhalang buah Shogi kawannya sendiri.
Perhatikan diagram di atas! Jika sekarang giliran Sente dan Sente memainkan langkah P-6f (Pion 6g ke 6f), maka anda bisa melihat bahwa langkah itu bermanfaat untuk menambah pengaruh di petak 6e. Tujuannya adalah pertukaran Pion, dan akan menghasilkan posisi Benteng Sente ada di 6f. Dengan posisi ini, Sente berhasil mem-Fork Emas lawan di 6i dan juga Gajah lawan di 6b. Kedua buah Shogi Gote tersebut tidak ada defendernya, sehingga Sente bisa tangkap gratis. Rencana ini kelihatan sempurna bukan? Namun langkah P-6f itu sebenarnya menuai sebuah kelemahan. Benteng Sente yang ada di 8f kehilangan pengaruh di petak 5f, 4f, 3f, 2f, dan 1f. Memang kelemahan itu tidak terlalu penting. Kelemahan pentingnya adalah, Benteng Sente di 8f, kehilangan kemampuan bergerak ke petak 6f, 5f, 4f, 3f, 2f, dan 1f. Jika setelah Sente memainkan P-6f, Gote memainkan G*7e (drop Gold di petak 7e), maka Benteng Sente pasti tertangkap.

Kembali ke diagram. Jika berdasarkan pada posisi diagram yang giliran jalan adalah Gote, Gote akan memainkan P-2h+ (Pion ke 2h dan promosi). Ini adalah langkah yang brilian! Mengapa? Langkah ini hanya punya satu kelemahan yakni berupa mengurangi pengaruh Gote di petak 2h. Tapi kelemahan ini sama sekali tidak mengganggu Gote. Sebaliknya langkah P-2h+ malah memiliki banyak manfaat. Manfaat yang jelas bisa anda lihat adalah menambah pengaruh di petak 1h. Pion Promosi Gote mengancam Benteng Sente. Manfaat kedua adalah mencegah Benteng Sente kabur ke petak 3h, 4h, 5h, 6h, 7h, 8h, atau 9h. Dan yang terpenting adalah manfaat ketiga, yakni mengurangi pengaruh Sente di petak 3h, 4h, 5h, 6h, 7h, 8h, dan 9h. Pada diagram, nilai awal petak 8h adalah 0. Setelah Gote melangkah P-2h+, maka nilai awal petak 8h menjadi -1. Ya, benar sekali! Gote sedang mengancam Skakmat Raja Sente alias Sumero (ingat, Gote punya 1 Emas di Drop Zone)!

Jika anda ingin melakukan sebuah langkah, selain pikirkan manfaatnya pikirkan juga kelemahannya. Inilah inti dari analisa jangka pendek. Jangan sampai langkah anda memiliki manfaat yang jauh lebih kecil daripada kelemahannya.

Manfaat sebuah langkah sebenarnya bisa dibagi menjadi dua jenis. Manfaat langkah itu apakah akan diposisikan untuk menyerang atau bertahan. Anda pasti sudah paham tentang perbedaan konsep menyerang dan bertahan bukan? Saya tidak perlu jelaskan lagi. Ketika anda akan menyerang, coba pikirkan cara lawan (pada langkah selanjutnya) bertahan. Sebaliknya jika anda bertahan, pikirkan cara lawan (pada langkah selanjutnya) akan menyerang anda. Inilah inti dari konsep analisa jangka panjang.

Sebuah langkah pasti mempunyai manfaat, namun belum tentu memiliki tujuan. Mengapa bisa demikian? Itu karena tujuan dari sebuah langkah adalah ketika anda tau persis manfaat dari langkah yang anda mainkan. Jadi langkah yang bertujuan adalah langkah yang memang sengaja anda mainkan untuk memperoleh manfaat dari langkah tersebut. Langkah yang tidak bertujuan sendiri adalah langkah yang asal-asalan saja. Pemainnya sendiri tidak tau kenapa dia melangkah demikian. Alasan lain pemain yang melangkahkan sebuah langkah tanpa tujuan adalah dia memainkan langkah itu karena bisa dimainkan. Pemain yang biasanya memainkan langkah tanpa tujuan adalah pemain yang sangat-sangat pemula.

Jadi mulai dari sekarang, selalu pikirkan setiap manfaat dari langkah yang akan anda mainkan. Pikirkan pula kelemahannya. Biasakan untuk selalu melakukan analisa jangka pendek dan analisa jangka panjang untuk memeriksa apakah langkah yang akan anda mainkan itu layak dimainkan.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar