Check
respond analysis (CRA) bermanfaat untuk mengetahui apakah sebuah Skak itu
termasuk ke dalam Skakmat, Semi-Mat, atau hanyalah Skak biasa. Seperti yang
anda ketahui, Skakmat adalah Skak yang semua responnya (respon apapun itu),
bila kemudian dibalas oleh langkah Skak terbaik penyerang akan berakhir pada
sebuah Skak yang nantinya sama sekali tidak dapat direspon. Semi-Mat adalah
Skak yang memiliki respon yang nantinya dapat dibalas oleh langkah Skak terbaik
penyerang yang berujung pada Skak yang nantinya sama sekali tidak dapat
direspon, namun ada juga respon yang sekalipun dibalas oleh langkah Skak
terbaik penyerang namun tidak akan berujung pada Skak yang nantinya sama sekali
tidak dapat direspon. Sementara Skak biasa adalah Skak yang semua responnya
meski dibalas oleh langkah Skak terbaik penyerang, tidak akan berujung pada
Skak yang nantinya sama sekali tidak dapat direspon.
Jika
Skak yang sama sekali tidak dapat direspon kita istilahkan sebagai Finishing
Blow (FB), maka :
-
Skakmat
adalah Skak yang semua responnya dapat berujung pada FB
-
Semi-Mat
adalah Skak yang mengandung respon yang dapat berujung pada FB, namun ada juga
respon yang tidak dapat berujung pada FB
-
Skak
biasa adalah Skak yang semua responnya tidak dapat berujung pada FB
Asumsi
yang berlaku adalah setelah pemain bertahan melakukan respon, maka pemain
penyerang harus membalasnya dengan langkah Skak yang terbaik. Apabila pemain
penyerang tidak membalas dengan langkah Skak terbaik, maka Skakmat bisa jadi
Semi-Mat atau malah Skak biasa. Semi-Mat bisa saja menjadi Skak biasa. Skak
biasa tetap menjadi Skak biasa.
Kapan
anda harus menggunakan analisa seperti ini? Analisa ini tentu saja digunakan
ketika pada posisi papan, ada Raja yang kena Skak. Analisa ini sangat diutamakan
bila Raja yang kena Skak adalah Raja anda. Ketika Raja anda kena Skak, maka
semua pilihan langkah yang bisa anda mainkan menjadi terbatas. Sebenarnya pada
posisi ini malah lebih mudah, karena anda hanya harus menilai lebih sedikit
pilihan langkah yang perlu anda mainkan. Bayangkan bila ketika anda harus
melangkah, namun posisinya tidak kena Skak. Anda harus menentukan dulu policy
anda apakah akan menyerang atau bertahan. Dan untuk bisa menentukan apakah akan
menyerang atau bertahan, perlu dilakukan endgame analysis atau general analysis
(analisis umum). Namun banyak juga yang setuju, termasuk saya, bahwa kondisi
Raja yang kena Skak selalu memberikan teror mental tersendiri bagi pemain
pemilik Raja. Meskipun pemain bertahan memiliki pilihan langkah yang semakin
terbatas, namun biasanya peluang kesalahan langkah (blunder) yang akhirnya
berujung pada kekalahan juga besar di sini. Itulah fungsi anda melatih CRA.
Supaya ketika Raja anda kena Skak, anda tau respon terbaik dan menghindari
blunder. Sebaiknya ketika anda yang menyerang Raja lawan, anda tau respon
seperti apa yang termasuk blunder dan anda bisa “menghukumnya”.
Jika
anda sudah bisa memastikan sebuah jenis Skak dan Raja yang kena Skak adalah
Raja anda, apa yang sebaiknya anda lakukan?
-
Jika
Raja anda kena Skakmat, maka pilihannya hanya dua. Apakah anda akan tetap
bermain, dengan memainkan respon terbaik, atau anda berhenti dan menyerah saja.
Jika anda menyerah maka anda akan menjadi orang yang dihormati oleh lawan, jika
lawan juga tau pasti bahwa Skak yang ia lancarkan termasuk Skakmat. Di Jepang
ada tradisi di antara peShogi Profesional bahwa bila Rajanya kena Skakmat maka
dia akan menyerah. Ada yang meski Skakmat itu masih membutuhkan lebih dari 7
Skak beruntun lagi untuk menuju pada FB, namun sudah menyerah. Ada pula yang
menunggu sampai Skakmat itu tinggal membutuhkan 3 – 5 langkah Skak lagi untuk
menuju pada FB, baru dia akan menyerah. Namun ada juga (meski sangat-sangat
jarang terjadi), bahwa dia baru menyerah ketika FB sudah terjadi. Di dunia
Shogi Profesional Jepang, Finishing Blow tidak akan membuat pertandingan
berakhir secara otomatis. Pertandingan secara otomatis berakhir bila waktu
habis, pemain menyerah, atau ada illegal move. Jika anda menyerah, maka mungkin
saja lawan sebenarnya tidak tahu bahwa Skaknya termasuk Skakmat. Anda
melewatkan kesempatan untuk bisa melakukan serangan balik dan menang. Tapi jika
anda memutuskan untuk bermain terus (sampai FB), meski anda tau bahwa Skak
lawan adalah Skakmat, maka lawan anda mungkin akan menganggap anda bukan pemain
yang bisa disegani (cenderung meremehkan). Apapun yang anda pilih, dalam dunia
amatir Shogi di Indonesia saat ini akan sah-sah saja. Namun saran saya
sebaiknya anda menyerah ketika FB tinggal membutuhkan 2 sampai 3 Skak lagi.
Jika anda dibiasakan bermain terus sampai FB, saya takut kebiasaan ini akan
terbawa ketika anda bertanding di turnamen Internasional. Yang pasti turnamen
Internasional memiliki level yang lebih tinggi sehingga soal Skakmat pasti
lawan bisa membacanya.
-
Jika
Raja anda kena Semi-Mat, maka anda juga punya dua pilihan. Kedua pilihan itu
adalah memilih respon yang tidak dapat berujung pada FB, atau memilih respon
yang dapat berujung pada FB. Mengapa respon yang dapat berujung pada FB masuk
dalam opsi? Karena saya sering menemukan kasus di mana sebuah Skak yang
tergolong Semi-Mat, untuk respon-respon yang berujung pada FB adalah respon
dengan menangkap buah Shogi penyerang. Anda punya tambahan materi di Drop Zone
yang bisa anda pakai untuk menyerang. Sementara untuk respon-respon yang tidak
berujung pada FB, pada kasus-kasus tertentu mengharuskan untuk melarikan Raja
(tidak mendapat tambahan buah Shogi apapun). Jika yang dipilih respon yang
berujung pada FB malah bisa saja jadi Sumero. Dan ketika yang dipilih adalah
respon yang berujung pada FB pun belum tentu sang lawan tau bahwa dia bisa
menciptakan Skakmat. Tapi jika yang anda lawan adalah pemain yang sudah mumpuni
kemampuannya, pastinya tau soal Semi-Mat ini. Jadi biasakan untuk sebisa
mungkin bertahan dengan memilih respon yang tidak berujung pada FB.
-
Jika
Raja anda kena Skak biasa, maka baik atau buruknya pilihan respon tergantung
dari potensi serangan lanjutan dari pemain penyerang. Janganlah memilih respon
yang menuju pada banyak kelemahan, yang memungkinkan lawan leluasa menyerang.
Pilihlah respon yang kuat, yang menuju pada pertahanan kuat, sehingga anda bisa
keluat dari tekanan lawan dan juga mulai memikirkan cara menyerang lawan.
Sekarang,
mari kita lihat contoh kasus lewat diagram di bawah ini!
Dapat
anda lihat bahwa Raja Sente kena Skak. Masalahnya adalah termasuk jenis Skak
apakah Skak tersebut? Sebelum kita tau termasuk jenis Skak apa, biasakan untuk
mengetahui apa saja kemungkinan respon dari Skak itu. Berdasarkan diagram, ada
dua kemungkinan respon Sente. Raja tangkap Perak 9h atau Raja kabur ke 8h. Jika
Raja tangkap Perak 9h, maka bisa anda lihat bahwa posisinya akan jadi sama
seperti Mating Formula 2 Gold Checkmate. Raja hanya bisa mundur (ke segala
arah) 1 kali saja. Petak target utama (9g) bernilai awal -1, sedangkan petak
target lainnya (9h dan 8h) bernilai awal 0. Gote juga punya dua Emas di Drop
Zonenya. Jadi jelas, bila respon Sente adalah Raja tangkap Petak 9h, maka akan
terjadi Skakmat.
Ketika
anda mengalami kasus seperti Sente, maka anda bisa saja langsung memainkan
respon Raja kabur ke 8h (tanpa perlu menganalisa). Terlebih lagi respon Raja
tangkap Perak 9h menghasilkan Mating Formula 2 Gold Checkmate yang sudah saya
saya ajarkan. Jadi lawan pasti akan tau bahwa itu bisa Skakmat. Tapi jika anda
tidak sedang dalam tekanan waktu (tekanan kehabisan waktu), coba juga untuk
menganalisa respon satunya. Mari kita analisa respon Sente yang satunya, yakni
Raja ke 8h. Setelah Raja Sente ke 8h, maka bisa dilihat bahwa dari sekian
banyak IP nya (ketika Raja Sente di 8h), yang bernilai awal paling rendah
adalah di 9g (bernilai -1). Jika Gote drop Emas di sana, maka Raja Sente harus
kabur. Masalahnya Raja Sente kemudian bisa kabur ke petak 7i dan dia akan
memperoleh kebebasan yang sangat besar karena bisa leluasa kabur menuju sisi
kanan papan. Untuk mencegah Raja Sente kabur ke 7i, sangat logis bila Gote drop
Emas di 8i. Skak ini bisa direspon Sente dengan dua cara, Raja tangkap Perak 9h
atau Perak 7h tangkap Emas 8i. Jika Sente memilih Raja tangkap Perak 9h, maka
langkah Gote berikutnya yakni drop Emas di 8h adalah Skak yang tidak dapat
diantisipasi lagi. Maka Sente memilih respon satunya, yakni Perak 7h tangkap
Emas 8i. Langkah ini (kembali) membebaskan petak 7i, namun juga sekaligus
memberi Raja Sente akses baru yakni ke petak 7h. Namun langkah ini member
kelemahan baru. Petak 7g dan 8g jadi berkurang defendnya. Khususnya petak 7g
yang jadi bernilai awal -1.
Gote
punya pilihan mengeksploitasi petak ini untuk menyerang Raja Sente, dengan cara
drop Emas di 7g. Gote juga punya pilihan menangkap Perak 8h (sekaligus
promosi), dengan tujuan untuk mencegah Raja Sente kabur ke 7i (namun ini
percuma karena Raja Sente masih bisa kabur ke 7h).
Yang
manapun yang dipilih Gote sebagai langkah Skak berikutnya, maka tidak akan ada
Skakmat. Yang ada hanyalah Semi-Mat. Untuk lebih mempermudahnya, saya akan
mendiagram ulangkan kondisi yang sedang kita bicarakan ke dalam diagram di
bawah ini.
Sekarang
Gote punya dua pilihan Skak. Perak 9h tangkap Perak 8i (dan promosi) atau drop
Emas di 7g. Yang manapun yang dipilih Gote hanya menghasilkan Semi-Mat. Bila
Perak 9h tangkap Perak 8i (dan promosi) maka respon Sente pastilah Raja ke 7h
(Raja ke 9h akan berujung pada Skakmat karena Gote akan drop Emas di 8h).
Setelah Raja ada di 7h, maka Gote bisa drop Emas atau Perak di 7g. Bila yang di
drop di 7g adalah Perak, maka respon terbaik Sente adalah Raja kabur ke 6g
(respon lainnya akan berujung pada Skakmat). Sedang bila yang di drop Gote di
7g adalah Emas, maka respon terbaik Sente adalah Raja ke 6i (respon Sente
satunya, yakni Raja tangkap Perak Promosi 8i akan berujung Skakmat). Dengan
Raja Sente di 6i, posisi Sente seperti membentuk Mating Formula 1 Gold
Checkmate. Tapi karena Gote tinggal punya 1 Perak di Drop Zone, maka jelas tidak
bisa Skakmat.
Dengan
demikian, Skak Gote seperti pada diagram 1, termasuk jenis Semi-Mat. Jika Sente
memilih respon Raja ke 8h, Gote hanya bisa melancarkan Semi-Mat (tidak bisa
Skakmat). Jika Sente memilih respon Raja tangkap Perak 9h, maka Gote bisa Skakmat.
Akan
tetapi, jika respon Sente adalah Raja tangkap Perak 9h, maka ia akan
mendapatkan 1 Perak di Drop Zone dan itu artinya dia sedang men-Sumero Raja
Gote (dapat diubah menjadi Skakmat dengan drop Perak di 3b atau 2b). Masalahnya
apakah Gote bisa atau tidak menghukum keputusan Sente dengan sebuah Skakmat?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar