Rabu, 24 Oktober 2012

Endgame Practice (2)

Sebutkan status Raja Sente dan Raja Gote! Apakah sedang kena Sumero, Sumero posisi, atau tidak Sumero sama sekali. Bila sedang kena Sumero, bagaimana caranya mengubah menjadi Skakmat? Dan bagaimana cara pemain bertahan defend Sumero tersebut?
Bila sedang kena Sumero posisi, buah apa sajakah yang harus dimiliki pemain penyerang agar posisinya menjadi Sumero?


Kita akan bahas Raja Gote terlebih dahulu. Posisi Raja Gote sepertinya mengarah pada Mating Formula 2 Gold Checkmate. Raja Gote hanya bisa mundur satu kali, dan petak target ada pada arah maju lurusnya, dengan nilai awal petak target adalah -1. Hanya saja Sente hanya bisa Skak (yang harus direspon dengan Raja Gote kabur) dengan 1 Emas saja. Sedangkan satu Skak lagi bisa dilancarkan, bukan dengan Emas, melainkan dengan Perak. Bisakah Sente menciptakan Skakmat? Jawabannya tentu bisa!

Kelemahan Skak dengan Perak adalah Raja mungkin saja kabur dengan bergerak maju diagonal (menuju ke petak di samping Perak yang men-Skak). Namun jika Sente drop Perak di 2c, Raja Gote tidak bisa kabur ke 3c. Memang masih bisa kabur ke 1c. Jika Raja Gote kabur ke 3c, Sente masih bisa drop Emas di 1d (atau 2d) dan FB (Skak yang sama sekali tidak dapat direspon) pun terjadi. Jika setelah di Skak oleh Sente dengan drop Perak 2c, Raja Gote kabur dengan cara mundur, tentu saja mudah bagi Sente untuk menciptakan Finishing Blow dengan drop Emas.

Bagaimana dengan posisi Raja Sente? Jika anda jeli, anda bisa melihat bahwa ada 3 petak yang rawan bagi Sente yakni 8h, 9h, dan 9g. Petak 9h bernilai awal 0 dan petak 8h bernilai awal -1. Sedangkan petak 9g, jika Raja Sente berada di 9h atau 8h juga akan bernilai awal -1. Begitu juga dengan petak 7g, jika Raja Sente berada di 8h, maka akan bernilai awal -1.

Jika anda jadi Gote, pastilah anda memiliki sebuah ide. Kita akan “tarik” Raja Sente supaya berada di petak 8h, dengan tujuan menjadikan petak lemah 7g dan 9g sebagai IP nya. Dengan demikian Gote bisa memanfaatkan petak lemah itu untuk men-Skak Raja Sente. Caranya bagaimana? Tentu saja dengan “sac” Gajah, dengan langkah Gajah 6f tangkap Pion 8h (dan promosi). Satu-satunya respon Sente adalah Raja tangkah Gajah Promosi 8h. Dengan demikian, posisi Raja Sente ada di 8h. Dan setelah ini akan jadi mudah bagi Gote. Gote tinggal drop Emas di 7g (bukan di 9g, karena drop Emas di 9g akan membuat Raja Sente bebas setelah kabur ke petak 7i).

Cara lain yang bisa dilakukan Gote adalah dengan memanfaatkan petak 9g, tanpa perlu mengorbankan Gajah Gote. Jika Gote tidak mau mengorbankan Gajahnya, Gote bisa korbankan Emasnya. Drop Emas di 9h. Raja Sente otomatis akan bergerak ke 9h. Setelah itu drop Emas di 9g. Raja Sente harus kabur, dan anda bisa lihat bahwa sekarang petak 8h jadi bernilai awal -2 (dapat tambahan satu pengaruh dari Emas Gote di 9g). Easy mate.

Kesimpulan :
-          Raja Sente dalam keadaan Sumero, Raja Gote juga dalam keadaan Sumero. Siapa pun yang jalan duluan bisa mencapai Skakmat dan menang.
-          Untuk defend Sumero Raja Sente, Sente bisa tambah defend di petak 9h dan 8h sekaligus dengan drop Emas atau Perak di 8i. Sedangkan cara untuk defend Sumero Raja Gote, Gote bisa drop Emas di 3c untuk defend 2c
-           
Contoh yang anda lihat pada post ini, sudah memberi anda gambaran bahwa akan lebih mudah men-Skakmat Raja bila Raja berada di tepi (di file 1, 2, 8, atau 9). Lawan bisa memanfaatkan sudut papan untuk memojokkan Raja. Cara ini sangat bagus bila pemain penyerang tidak mampu memanfaatkan IP arah maju lurus Raja sebagai petak target.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar