Selasa, 16 Oktober 2012

Prospek Shogi


Halo bapak-bapak, ibu-ibu, saudara saudari sekalian. Terima kasih atas kesediaan anda membaca tulisan saya ini. Perkenalkan nama saya Novan Mahason, atlit sekaligus pelatih sekaligus aktivis Shogi di Indonesia. Pertama-tama, saya akan menjelaskan garis besar tentang apa yang akan anda baca ini. Yang akan anda baca ini adalah sebuah informasi tentang prospek Shogi (Catur Jepang) di Indonesia. Kita akan mulai dengan apa itu Shogi.

Sekilas Tentang Shogi
Shogi adalah sebuah permainan sejenis catur yang asalnya dari Jepang. Permainan ini dimainkan pada papan berkotak-kotak 81 (dengan susunan kotak 9x9) dan dimainkan dengan menggunakan buah Shogi berbentuk segilima yang jumlah totalnya ada 40. Di atas setiap buah Shogi dibubuhi huruf kanji (aksara Jepang) sebagai pembeda antara jenis buah satu dengan yang lainnya.
Permainan Shogi memiliki prinsip yang sama dengan catur yang biasa dimainkan di Indonesia. Hanya saja ada beberapa perbedaan di buah Shoginya. Dan perbedaan yang paling khas ada di promosi dan drop. Di Catur yang bisa promosi hanya pion, sedangkan di Shogi semua bisa promosi kecuali raja dan emas. Di Catur buah Shogi yang sudah tertangkap tidak dapat dikembalikan ke papan. Sedangkan di Shogi, buah yang sudah tertangkap bisa dikembalikan ke papan.



Contoh gambar papan Shogi dan buahnya

Prospek Shogi di Indonesia sendiri terbagi atas 3 faktor, yakni faktor teknis, faktor internal, dan faktor eksternal.

Faktor Teknis
Faktor teknis adalah berupa faktor-faktor yang berasal dari permainan Shoginya itu sendiri. Faktor teknis yang bisa membuat anda tertarik mempelajari Shogi adalah tingkat kompleksitasnya yang tinggi. Ini dikarenakan di dalam Shogi terdapat fasilitas Drop, yakni memainkan kembali buah lawan yang sudah ditangkap. Dengan tingkat kompleksitas yang tinggi, permainan ini bisa mengasah otak para pemainnya.
Selain menyebabkan pertandingan menjadi kian kompleks, sistem Drop ini membuat jumlah buah Shogi tidak pernah berkurang. Ya karena yang ada di luar papan, bisa tetap dimainkan kembali.

Faktor Internal
Faktor internal yakni faktor-faktor non teknis (berasal dari luar permainan Shogi) yang berasal dari dalam negeri. Faktor-faktor internal nya adalah sebagai berikut.

Shogi Indonesia memiliki panduan lengkap yang dapat diperoleh secara gratis
Faktor teknis menyebutkan, kehadiran sistem Drop di Shogi membuatnya menjadi kompleks. Tentu banyak di antara anda yang pasti mengira Shogi ini susah sekali. Anda tidak usah takut. Shogi tidak susah untuk dipelajari. Itu karena sudah ada panduan Shogi lengkap (dari dasar sekali sampai untuk menjadi Master) yang dapat anda download secara gratis di http://tinyurl.com/shogisicaturjepang
Anda tinggal mempelajari secara perlahan saja panduan tersebut. Dengan demikian, anda bukan cuma akan paham dasar-dasar Shogi saja, tapi anda akan bisa menjadi penikmat Shogi seutuhnya dengan mempelajari strategi-strateginya. Setelah anda memiliki pemahaman utuh tentang strategi Shogi, anda bisa menjadi master Shogi dengan rajin mempraktekannya ke dalam pertandingan.

Peralatan Shogi mudah diproduksi
Shogi memiliki peralatan dengan bentuk sederhana. Buah Shoginya tidak rumit untuk dibuat, karena bentuknya hanya segilima. Sedangkan papannya sendiri juga seperti papan catur kebanyakan. Bedanya papan Shogi tidak perlu diberi warna hitam putih seperti papan catur. Papan Shogi hanya satu warna saja. Jika anda malas memproduksi sendiri, anda bisa memesan ke Shogi Indonesia. Di Shogi Indonesia ada satu orang anggota asal Semarang (yang bernama Ringga) yang dipercaya dalam urusan pembuatan papan dan buah Shogi. Hasil buatannya sudah teruji baik dari segi kualitas. Mayoritas papan yang dimiliki para peshogi di Indonesia adalah buatan beliau. Harganya juga relatif murah, yakni mulai dari 30 ribu sampai 65 ribu (belum termasuk ongkos kirim bila berada di luar Semarang)

Panduan dasar Shogi yang mudah dibawa ke mana-mana
Panduan Shogi yang lengkap, berjumlah 121 halaman. Tentunya jika anda ingin print panduan ini dan dijadikan sebagai pemandu untuk memperkenalkan dasar-dasar Shogi kepada orang di sekitar anda, ini bukan pilihan tepat. Jika anda bermaksud memberikan pengenalan Shogi (tentunya pengenalan dasar-dasar Shogi) kepada orang di sekitar anda, anda bisa mempergunakan panduan dasar Shogi yang hanya khusus mengajarkan dasar-dasar Shogi, dengan jumlah halaman hanya 10. Anda bisa mendownload secara gratis di http://tinyurl.com/shogidasar

Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah merupakan faktor non-teknis yang berasal dari dunia Shogi Internasional. Berikut ini adalah faktor-faktor eksternalnya.

Server 81 Dojo sebagai media uji kemampuan melawan pemain internasional
Belum populernya Shogi di Indonesia menyebabkan turnamen Shogi di Indonesia sangat sedikit. Meskipun begitu, bukan berarti anda tidak bisa menguji kemampuan anda setelah bersusah payah mempelajari Shogi. Ada sebuah server di dunia maya yang bernama 81 Dojo. Di server ini, anda bisa bermain Shogi melawan pemain Shogi dari seluruh dunia, termasuk melawan sesama pemain Shogi di Indonesia. Server ini menjadi bagian penting dalam upaya mempopulerkan Shogi di seluruh dunia, termasuk juga dalam upaya mempopulerkan Shogi di Indonesia.

Badan Shogi dunia akan segera dibentuk
Badan Shogi dunia akan segera dibentuk. Dari fakta tersebut itu berarti saat ini belum ada badan Shogi dunia, yang ada hanyalah badan Shogi Eropa (FESA). Ini menandakan bahwa dunia Shogi Internasional juga sedang mengembang. Apabila Shogi di Indonesia bisa berkembang sejalan dengan berkembangnya Shogi di negara-negara dunia, atau bahkan bisa lebih dulu berkembang ketimbang dunia Shogi Internasionalnya, maka Indonesia memiliki peluang untuk bisa menjadi negara yang disegani oleh negara-negara lain.

Itulah 3 faktor yang bisa anda jadikan motivasi untuk anda mulai tertarik mempelajari Shogi. Faktor manapun yang jadi motivasi anda tidak masalah. Asalkan anda memiliki ketertarikan, atau bahkan komitmen untuk bersama-sama membangun Shogi di Indonesia.

Kebutuhan Dalam Rangka Berkembang
Apa yang dibutuhkan Shogi untuk bisa berkembang di Indonesia? Berikut ini adalah daftarnya :
-          pemain / atlit, yakni mereka yang serius menekuni Shogi dan mengikuti turnamen-turnamen nantinya
-          pehobi, yakni mereka yang menekuni Shogi namun tidak terlalu aktif mengikuti turnamen karena hanya menempatkan Shogi sebagai hobi
-          pelatih, yakni mereka yang bertugas mengajari baik dasar maupun strategi Shogi
-          aktivis, yakni mereka yang bertugas mempromosikan Shogi (cukup hanya memperkenalkan dasar-dasarnya saja atau bisa juga dengan menyebarluaskan link promosi)
-          organisator, yakni mereka yang bertugas mengorganisasi Shogi di Indonesia
-          sponsor, yakni mereka yang memberikan sumbangsih berupa materi (terutama finansial) untuk membantu mengembangkan Shogi di Indonesia

Link-link Penting
Berikut ini adalah link-link penting situs-situs yang bisa membantu anda dalam upaya mengembangkan Shogi di Indonesia.

-          http://tinyurl.com/shogisicaturjepang (panduan Shogi lengkap)
-          http://tinyurl.com/shogidasar (panduan dasar-dasar Shogi)
-          http://81dojo.com (website 81 Dojo, di dalamnya terdapat server Shogi online juga)
-          http://www.japanesechess.org (situs bermain Shogi online melawan komputer, level sangat lemah)
-          http://hozo.vs.land.to/shogi.html (situs bermain Shogi online melawan komputer, level sedang)
-          http://shogiwar.webs.com/Shogi_War_Page/Software.html (situs yang berisi software-software Shogi yang bisa anda download gratis)
-          http://facebook.com/groups/127678083952265 (Group Shogi Indonesia di Facebook)
-          http://facebook.com/shogisicaturjepang (Fanpage di Facebook tentang Shogi)
-          http://facebook.com/novanm.mahasons (Facebook Novan Mahason)
-          @slippe_kishi (Twitter Novan Mahason)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar