Endgame
analysis memiliki fungsi primer dan sekunder. Fungsi primer adalah untuk
melihat apakah Raja sedang dalam keadaan terkena Sumero (ancaman Skakmat) atau
tidak. Tentunya bila dalam keadaan terkena Sumero, maka pemain bertahan harus
melakukan defend atas Sumero tersebut. Adapun fungsi sekunder dari endgame
analysis adalah melihat apakah Raja sedang dalam keadaan terkena Sumero posisi
atau belum. Sumero posisi tidak begitu membahayakan seperti Sumero. Manfaat
mengetahui apakah Raja sedang dalam keadaan Sumero posisi atau tidak adalah
untuk berjaga-jaga. Seperti anda tau, bahwa Sumero posisi sebenarnya adalah
sebuah Sumero, hanya saja belum cukup untuk diubah menjadi Skakmat karena
kekurangan materi untuk di drop. Tapi dengan mengetahui apakah Raja dalam
keadaan Sumero posisi atau belum, anda tau buah Shogi apa sajakah yang jangan
sampai anda “serahkan” ke lawan sehingga posisi lawan berubah dari Sumero
posisi menjadi Sumero. Kecuali jika struktur penyerangan dan pertahanan sudah
berubah. Fungsi sekunder lainnya adalah untuk mengetahui apakah bisa
menciptakan Sumero atau tidak. Mari kita belajar endgame analysis, lewat post
berseri endgame practice.
Berdasarkan
diagram di atas, sebutkan status Raja Sente dan Raja Gote! Apakah Raja dalam
keadaan Sumero, Sumero posisi, atau tidak dalam keadaan Sumero sama sekali?
Apabila Raja dalam keadaan Sumero, bagaimana cara pemain bertahan defend Sumero
tersebut? Apabila Raja dalam keadaan Sumero posisi, buah Shogi apa saja yang
harusnya dimiliki penyerang agar bisa mengubahnya menjadi Sumero?
Mari
lakukan CMC! Raja Sente, saya bisa pastikan terkena Sumero posisi. Sebenarnya
Raja Sente dalam keadaan Sumero, itu karena Gote bisa drop Pion di 9h yang
membuat posisi Skak yang tidak dapat lagi direspon Sente. Namun jelas
berdasarkan aturan dasar, Skak dengan drop Pion adalah illegal bila sudah tidak
dapat direspon lagi. Maka dari itu, keadaan Raja Sente adalah Sumero posisi.
Gote butuh 1 buah Shogi yang bisa bergerak maju lurus selain Pion.
Bagaimana
dengan Raja Gote? Mari lakukan CMC! Berdasarkan Mating Formula, maka Raja Gote
tidak termasuk Mating Formula apapun. Sente punya dua kemungkinan Skak.
Kemungkinan pertama adalah drop Perak di 1b, dan kemungkinan kedua adalah drop
Kuda di 2c. Drop Perak di 1b, hanya bisa direspon Raja dengan 1 cara yakni Raja
tangkap Perak 1b. Setelah posisi Raja di 1b, maka Sente punya 3 cara untuk
Skak. Emas 1d ke 1c, Emas 1d ke 2c, atau drop Kuda di 2d. Jika cara Sente
adalah Skak dengan Emas, maka respon mudah Gote adalah tangkap Emas Sente dan
setelah itu Sente tidak punya penyerang lagi. Sebagai tambahan, Sente juga
tidak punya range piece (buah Shogi yang dapat bergerak panjang) untuk
menyerang. Jelas tidak akan bisa mat. Jika Sente memilih drop Kuda di 2d, maka
satu-satunya respon Gote adalah Raja kembali ke 1a. Kemudian satu-satunya
kesempatan Skak Sente adalah drop Kuda di 2c yang bisa mudah direspon oleh Raja
Gote. Tidak akan ada Skakmat dengan langkah pertama adalah drop Perak di 1b.
Kembali
pada gambar. Bagaimana bila Sente mencoba drop Kuda di 2c? Ada dua kemungkinan
respon, Raja lari ke 1b atau tangkap Kuda 2c dengan Perak. Bila Raja lari ke
1b, maka anda seharusnya bisa dengan mudah membuat Skakmat karena posisi Raja
Gote dalam keadaan Stunned King. Bagaimana dengan respon Gote lainnya, yakni
tangkap Kuda 2c dengan perak 2b? Respon itu akan meninggalkan kelemahan berupa
berkurangnya pengaruh Gote di 2c. Petak 2c jadi sangat lemah bagi Gote karena
petak itu diserang Sente lewat Tombak 2i dan Emas 1d. Maka bagaimana caranya
agar Sente bisa memaksa Raja Gote merasakan kelemahan petak 2c itu? Caranya
dengan menyeret Raja Gote ke 1b atau 2b. Di antara petak 1b dan 2b, nilainya
lebih baik bagi Sente di petak 2b. Sente sebagai penyerang akan melihat petak
2b bernilai 0, sementara nilai petak 1b adalah 1. Maka Sente drop Perak di 2b.
Ada dua kemungkinan respon. Jika Raja Sente lari ke 1b, maka Sente tinggaal
melakukan langkah Tombak 2i tangkap Perak 2c promosi dan Skakmat. Jika Raja
Gote tangkap Perak 2b, maka langkah selanjutnya Sente adalah Emas 1d tangkap
Perak 2c. Gote punya dua macam respon yakni Raja lari ke 3a atau 1a. Setelah
itu, Sente akan melancarkan Skak terakhirnya, yakni Emas 2c ke 2b (kemanapun
Raja Gote lari sama saja). Skakmat!
Kesimpulannya
:
-
Raja
Sente dalam keadaan Sumero posisi
-
Raja
Gote dalam keadaan Sumero
Bila
sekarang giliran Sente, ubahlah Sumero menjadi Skakmat! Bila sekarang giliran
Gote, cobalah untuk defend Sumero terhadap Rajanya. Bagaimana cara defend
Sumero itu? Karena salah satu cara Sente mengubah Sumeronya adalah dengan drop
Kuda di 2c, maka Gote bisa drop Pion di 2c.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar