Senin, 22 Oktober 2012

Endgame Practice (1)


Endgame analysis memiliki fungsi primer dan sekunder. Fungsi primer adalah untuk melihat apakah Raja sedang dalam keadaan terkena Sumero (ancaman Skakmat) atau tidak. Tentunya bila dalam keadaan terkena Sumero, maka pemain bertahan harus melakukan defend atas Sumero tersebut. Adapun fungsi sekunder dari endgame analysis adalah melihat apakah Raja sedang dalam keadaan terkena Sumero posisi atau belum. Sumero posisi tidak begitu membahayakan seperti Sumero. Manfaat mengetahui apakah Raja sedang dalam keadaan Sumero posisi atau tidak adalah untuk berjaga-jaga. Seperti anda tau, bahwa Sumero posisi sebenarnya adalah sebuah Sumero, hanya saja belum cukup untuk diubah menjadi Skakmat karena kekurangan materi untuk di drop. Tapi dengan mengetahui apakah Raja dalam keadaan Sumero posisi atau belum, anda tau buah Shogi apa sajakah yang jangan sampai anda “serahkan” ke lawan sehingga posisi lawan berubah dari Sumero posisi menjadi Sumero. Kecuali jika struktur penyerangan dan pertahanan sudah berubah. Fungsi sekunder lainnya adalah untuk mengetahui apakah bisa menciptakan Sumero atau tidak. Mari kita belajar endgame analysis, lewat post berseri endgame practice.
 
Berdasarkan diagram di atas, sebutkan status Raja Sente dan Raja Gote! Apakah Raja dalam keadaan Sumero, Sumero posisi, atau tidak dalam keadaan Sumero sama sekali? Apabila Raja dalam keadaan Sumero, bagaimana cara pemain bertahan defend Sumero tersebut? Apabila Raja dalam keadaan Sumero posisi, buah Shogi apa saja yang harusnya dimiliki penyerang agar bisa mengubahnya menjadi Sumero?

Mari lakukan CMC! Raja Sente, saya bisa pastikan terkena Sumero posisi. Sebenarnya Raja Sente dalam keadaan Sumero, itu karena Gote bisa drop Pion di 9h yang membuat posisi Skak yang tidak dapat lagi direspon Sente. Namun jelas berdasarkan aturan dasar, Skak dengan drop Pion adalah illegal bila sudah tidak dapat direspon lagi. Maka dari itu, keadaan Raja Sente adalah Sumero posisi. Gote butuh 1 buah Shogi yang bisa bergerak maju lurus selain Pion.

Bagaimana dengan Raja Gote? Mari lakukan CMC! Berdasarkan Mating Formula, maka Raja Gote tidak termasuk Mating Formula apapun. Sente punya dua kemungkinan Skak. Kemungkinan pertama adalah drop Perak di 1b, dan kemungkinan kedua adalah drop Kuda di 2c. Drop Perak di 1b, hanya bisa direspon Raja dengan 1 cara yakni Raja tangkap Perak 1b. Setelah posisi Raja di 1b, maka Sente punya 3 cara untuk Skak. Emas 1d ke 1c, Emas 1d ke 2c, atau drop Kuda di 2d. Jika cara Sente adalah Skak dengan Emas, maka respon mudah Gote adalah tangkap Emas Sente dan setelah itu Sente tidak punya penyerang lagi. Sebagai tambahan, Sente juga tidak punya range piece (buah Shogi yang dapat bergerak panjang) untuk menyerang. Jelas tidak akan bisa mat. Jika Sente memilih drop Kuda di 2d, maka satu-satunya respon Gote adalah Raja kembali ke 1a. Kemudian satu-satunya kesempatan Skak Sente adalah drop Kuda di 2c yang bisa mudah direspon oleh Raja Gote. Tidak akan ada Skakmat dengan langkah pertama adalah drop Perak di 1b.

Kembali pada gambar. Bagaimana bila Sente mencoba drop Kuda di 2c? Ada dua kemungkinan respon, Raja lari ke 1b atau tangkap Kuda 2c dengan Perak. Bila Raja lari ke 1b, maka anda seharusnya bisa dengan mudah membuat Skakmat karena posisi Raja Gote dalam keadaan Stunned King. Bagaimana dengan respon Gote lainnya, yakni tangkap Kuda 2c dengan perak 2b? Respon itu akan meninggalkan kelemahan berupa berkurangnya pengaruh Gote di 2c. Petak 2c jadi sangat lemah bagi Gote karena petak itu diserang Sente lewat Tombak 2i dan Emas 1d. Maka bagaimana caranya agar Sente bisa memaksa Raja Gote merasakan kelemahan petak 2c itu? Caranya dengan menyeret Raja Gote ke 1b atau 2b. Di antara petak 1b dan 2b, nilainya lebih baik bagi Sente di petak 2b. Sente sebagai penyerang akan melihat petak 2b bernilai 0, sementara nilai petak 1b adalah 1. Maka Sente drop Perak di 2b. Ada dua kemungkinan respon. Jika Raja Sente lari ke 1b, maka Sente tinggaal melakukan langkah Tombak 2i tangkap Perak 2c promosi dan Skakmat. Jika Raja Gote tangkap Perak 2b, maka langkah selanjutnya Sente adalah Emas 1d tangkap Perak 2c. Gote punya dua macam respon yakni Raja lari ke 3a atau 1a. Setelah itu, Sente akan melancarkan Skak terakhirnya, yakni Emas 2c ke 2b (kemanapun Raja Gote lari sama saja). Skakmat!

Kesimpulannya :
-          Raja Sente dalam keadaan Sumero posisi
-          Raja Gote dalam keadaan Sumero

Bila sekarang giliran Sente, ubahlah Sumero menjadi Skakmat! Bila sekarang giliran Gote, cobalah untuk defend Sumero terhadap Rajanya. Bagaimana cara defend Sumero itu? Karena salah satu cara Sente mengubah Sumeronya adalah dengan drop Kuda di 2c, maka Gote bisa drop Pion di 2c. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar