Selasa, 16 Oktober 2012

Analyzing Practice (1)


Halo para pembaca setia blog Shogi Sugoi. Kita kembali berjumpa pada posting ke lima di blog ini. Saya akan perkenalkan salah satu serial yang akan pastinya jadi favorit anda sekalian di blog saya ini. Ya, serial ini bernama "Analyzing Practice". Apa itu Analyzing Practice? Ini adalah serial yang akan membantu anda memahami Shogi lewat sebuah diagram Shogi dan selalu ditanyakan apa langkah yang akan anda ambil jika melihat posisi pada diagram. Pada post ini juga akan langsung saya bahas sehingga bisa membantu anda dalam memahami Shogi seutuhnya.


Langsung saja kita mulai. Ini dia!


Bagaimana anda menganalisa diagram di atas?

Karena ini adalah seri pertama, jadi saya akan ajarkan cara umum untuk menganalisa sebuah posisi. Cara ini berlaku baik ketika anda memainkan posisi pemain yang jalan dulu alias Sente (pada diagram yang ujung lancip pada buahnya ada di atas), maupun ketika anda menjadi pemain Gote (pada diagram yang ujung lancip pada buahnya ada di bawah). Apa saja hal yang harus anda perhatikan ketika anda menganalisa? Berikut ini pembahasannya!

Pertama : kenali dulu potensi Skakmat bagi masing-masing pemain
Cobalah anda cek keamanan Raja lawan anda! Apabila Raja lawan anda bisa anda Skakmat, maka sudah pasti langkah anda selanjutnya adalah men-Skakmat Raja lawan. Jika anda tidak bisa melakukan Skakmat, sekarang cek terlebih dahulu kemanan Raja anda. Bila lawan anda bisa melakukan Skakmat, maka cobalah untuk defend dulu posisi Sumero lawan tersebut. Bila posisi Raja anda masih dalam keadaan aman, maka model analisa yang kita gunakan adalah analisa umum.

Kedua : lakukan analisa lapangan, analisa jangka pendek, dan analisa jangka panjang
Ini adalah konsep analisa umum. Analisa lapangan bermanfaat untuk mencari langkah apa yang kira-kira bisa anda mainkan. Analisa jangka pendek dan analisa jangka panjang berfungsi untuk mengecek apakah langkah yang bisa anda mainkan itu memiliki kelemahan dan memiliki manfaat jangka panjang atau tidak.

Jika saya, saya akan selalu mengecek dari dua sisi. Saya maupun lawan. Lakukan itu dari sisi analisa lapangan. Apa maksudnya? Anda pasti paham analisa lapangan modelnya seperti apa. Pada analisa lapangan, ada 4 lemah yang harus dianalisa. Keempat lemah itu dianalisa baik dari sisi anda maupun lawan. Dengan kata lain, kedua sisi harus kita cek. Itu berarti :
-          cek petak lemah bagi anda
-          cek petak lemah bagi lawan
-          cek kelemahan struktur pada buah anda
-          cek kelemahan struktur pada buah lawan
-          cek apa ada buah anda yang tidak ada defendernya sama sekali
-          cek apa ada buah lawan yang tidak ada buah lawan sama sekali
-          cek apa ada kelemahan penjagaan pada buah anda
-          cek apa ada kelemahan penjagaan pada buah lawan

Sebenarnya, cara lain bisa seperti ini. Sebelum saya melakukan analisa lapangan, maka saya akan tentukan dulu policy langkah saya apakah akan menyerang atau bertahan. Perbedaan dari policy menyerang dan bertahan ada pada lokasinya. Menyerang berlokasi pada, petak di markas lawan, petak di sekitar Raja lawan, dan petak di lapangan (terutama yang berisi buah lawan). Sedangkan bertahan berlokasi pada petak di markas sendiri, petak di sekitar Raja sendiri, dan petak di lapangan (terutama yang berisi buah sendiri).

Ditentukan atau tidak ditentukan dulu policy anda, ketika anda sudah memiliki beberapa pilihan maka anda diharuskan memilih mana yang akan anda mainkan. Jangan bingung! Ini adalah tips untuk memilih :
-          tingkat keamanan. Semakin dekat dengan lokasi Raja, semakin rawan
-          keuntungan. Dihubungkan dengan nilai dari buah anda yang hilang dibandingkan dengan nilai dari buah lawan yang berhasil anda dapatkan (jika sebuah langkah menyebabkan anda hanya kehilangan Pion untuk mendapatkan Benteng lawan tentu ini sebuah keuntungan yang bagus)

Kita kembali ke diagram. Jelas dari diagram itu bisa dipastikan baik Sente maupun Gote tidak bisa membuat Skakmat sama sekali. Juga dari pengamatan saya, keduanya sama-sama belum bisa membuat ancaman Skakmat (Sumero) kepada Raja lawan masing-masing. Maka kita akan gunakan konsep analisa umum untuk menganalisa diagram di atas. Mari lakukan cek dari segi Sente dan Gote.

Petak lemah.
Salah satu petak lemah di Sente adalah 6h, nilainya 0. Apabila sekarang giliran Gote, Gote bisa mencoba langkah P*6h. Tujuan dari Gote adalah mempromosikan Pionnya dengan bergerak ke 6i. Langkah itu however tidak lolos analisa jangka panjang. Mengapa? Karena Sente bisa membalas dengan S-7h. Petak 6i terdefend (Pion 6h Gote tidak bisa promosi) sekaligus S-7h akan menyerang Benteng Promosi Gote di 7g.

Petak lemah lainnya bagi Sente ada di 9i dan 7i. Keduanya dapat difork sekaligus oleh Gote dengan langkah B*8h. Hebatnya lagi, Sente tidak akan pernah bisa defend dua petak itu sama sekali. Gajah Gote bisa promosi dengan mudah di petak 9i atau 7i.

Petak 9b adalah petak lemah bagi Gote. Tapi Sente tidak bisa drop Pion di sana untuk mengeksploitas kelemahan Gote tersebut, karena masih ada Pionnya di file 9. Maka Sente bisa mencoba langkah P-9f. Ini adalah langkah Sac. Tujuannya untuk menghilangkan Pion di file 9. Apabila Gote terima Sac tersebut dengan Px9f, maka langkah selanjutnya Sente adalah P*9b. Sente bisa mendapatkan Tombak lawan.

Overview petak lemah
Dari pembahasan tentang petak lemah, inti dari petak lemah adalah di 8h (lemah bagi Sente, karena Gote bisa Drop Gajah di sana untuk ancaman promosi tak terhindarkan ke petak 9i atau 7i) dan di petak 9b (lemah bagi Gote). Namun kelemahan di 9b bisa dihindarkan dengan catatan, Gote tolak langkah Sac Sente (P-9f). Kelemahan Sente di 8h adalah kelemahan absolut. Apabila sekarang giliran Sente, Sente punya kesempatan untuk defend 8h dengan buah Shogi yang memiliki Rank di bawah Gajah. Pada kenyataannya apabila sekarang giliran Sente, Sente sama sekali tidak bisa defend 8h bukan? Btw, apa maksudnya Sente harus defend 8h dengan buah yang ranknya di bawah Gajah? Itu karena petak 8h juga dijaga oleh Benteng Promosi Gote di 7g. Seandainya Sente bisa defend 8h, dan Gote benar-benar melakukan B*8h, maka Sente bisa langsung menangkap Gajah Gote di 8h dengan kompensasi, buah Sente yang menangkap itu akan bisa langsung tertangkap Benteng Promosi Gote.

Kelemahan struktur.
Ada dua kelemahan strukur pada diagram yang saya temukan. Satu pada Sente dan satu pada Gote. Pada Sente, posisi Emas di 3h dan 5h sangat rawan. Seandainya Gote bisa mendapatkan Perak, maka Gote bisa S*4i untuk mem-fork keduanya. Untungnya Gote tidak punya Perak di Drop Zone. Namun Gote masih bisa Nx4f untuk memfork kedua Emas Sente itu. Petak 4f memang masih dijaga dengan baik oleh Gajah Promosi Sente di 5f. Namun tentu semua penjagaan bisa dipatahkan, termasuk penjagaan Gajah Promosi Sente tersebut.

Kelemahan struktur pada kubu Gote ada pada posisi Perak di 2b dan Emas di 4b. Namun ketimbang kelemahan struktur Sente, kelemahan struktur Gote ini belum begitu prioritas karena belum ada ancaman langsung dari Sente. Beda dengan kelemahan struktur pada kubu Sente yang bisa diancam langsung dengan Nx4f.

Overview kelemahan struktur
Jika sekarang giliran Gote, Gote tidak perlu terburu-buru membenahi kelemahan strukturnya. Namun perlu tetap menjadi perhatian. Tugas Gote adalah jangan sampai Sente menangkap Kuda. Sebab Kuda yang di Drop di 3d tentu bisa membahayakan pertahanan Gote. Bila Sente berhasil mendapatkan Kuda, Gote bisa memperbaiki strukturnya atau tambah defend di 3d (untuk mencegah Kuda di Drop di 3d).

Ancaman lebih besar ada pada kelemahan struktur Sente. Bila sekarang Sente yang jalan, meski petak 4f masih didefend oleh Gajah Promosi di 5f, namun boleh juga Sente mencoba memperbaiki kelemahan strukturnya. Caranya adalah G5h-4h, meski langkah ini memiliki kelemahan yakni berkurangnya defend di petak 6g (namun defend di sana masih cukup). G3h-4h bukan keputusan bijaksana bagi Sente, karena langkah ini akan melemahkan pertahanan Raja (Castle). Langkah ini melemahkan defend pada petak Perak 2g. Petak 2g tentu lebih penting daripada 6g bagi Sente.

Buah Shogi yang tidak ter-defend.
Ada banyak buah Shogi yang tidak ada defendernya sama sekali. Namun yang paling perlu menjadi catatan adalah Perak Gote 6d dan Pion Gote 3d. Keduanya sama-sama mendapat ancaman langsung dari buah-buah Sente. Dari kualitas buah, Perak 6d memang lebih penting daripada Pion 3d. Namun apabila Pion 3d itu hilang, maka perlu menjadi catatan Gote bahwa petak 3d akan kosong. Dan apabila Sente bisa mendapatkan Kuda, maka Sente bisa Drop Kuda di sana.

Buah yang tidak terjaga dari kubu Sente, tidak memiliki ancaman langsung sama sekali. Namun Sente perlu mewaspadai langkah Gote +R-8h. Langkah itu memiliki ancaman langsung terhadap Tombak Sente di 9i dan Tombak Gote tidak dapat menghindar lagi dan juga tidak ada langkah Sente yang bisa defend Tombak tersebut.

Overview buah Shogi yang tidak ter-defend.
Apabila sekarang giliran Sente, maka Sente bisa melakukan Rx6d+ untuk menangkap gratis Perak Gote di 6d. Petak 5a akan jadi kelemahan buat Gote selanjutnya, karena S*5a akan sakit buat Gote.

Apabila sekarang giliran Gote, maka Gote bisa melindungi Peraknya dengan dua kemungkinan yakni Sx7e atau +Rx7e. Sx7e memang akan membuat Benteng Sente di 6b ikut melindungi Perak 6g nya, namun setidaknya langkah ini akan membuat Benteng Promosi tetap berada pada "mode menyerang". Saya lebih merekomendasikan Sx7e ketimbang +Rx7e.

Kelemahan penjagaan
Ada satu penjagaan penting yang saya temukan dalam diagram itu. Yakni penjagaan Gajah Promosi 5f ke petak 4f. Petak 4f adalah petak yang berbahaya bagi Sente karena langkah Gote Nx4f akan mem-fork dua Emasnya di 3h dan 5h, yang mana kedua Emas itu adalah komponen Castle Sente. Apabila Gajah Promosi Sente bergerak ke 5e, 4e, atau 4g, maka langkah itu masih tetap mendefend petak 4f. Jika Gote ingin mematahkan penjagaan di sana, maka Gote harus membuat Gajah Promosi itu bergerak ke petak selain 5e, 4e, atau 4g, atau coba menangkap Gajah Promosi Gote.

Overview kelemahan penjagaan
Lalu apakah ada cara agar Gote bisa mematahkan penjagaan tersebut? Ada! Apabila sekarang giliran Gote, Gote bisa mencoba B*6e. Perlu diingat, bahwa langkah ini bertujuan untuk bertukar Gajah dengan kompensasi Sente akan mendapatkan Perak juga. Dengan kata lain, Gote akan mengorbankan Peraknya demi bertukar Gajah dan menghilangkan defend Sente di 4f.

Overview Analisa Lapangan
Berikut ini langkah-langkah yang bisa dimainkan, berdasarkan elemen-elemen pada analisa lapangan.
Analisa Lapangan
Langkah Sente
Langkah Gote
Kelemahan Petak
P-9f
B*8h
Kelemahan Struktur
G5h-4h
-
Buah yang Tidak Terjaga
Rx6d+
Sx7e
Kelemahan Penjagaan
-
B*6e

Analisa saya
Dari enam langkah pada tabel di atas, saya akan memilih Rx6d+ untuk Sente dan Sx7e untuk Gote. Untuk Gote, saya juga menyukai B*6e karena langkah ini memiliki nilai offensive. Namun saya juga memikirkan petak 5a yang lemah bagi Gote, seandainya Sente bisa mendapatkan Perak nantinya. Bagi anda yang menyukai menyerang, mungkin akan lebih memilih B*6e.

Ini adalah analisa saya. Apa anda memiliki pendapat berbeda? Silahkan jangan segan-segan untuk memberikan pendapat anda lewat komentar di blog ini :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar