Halo
para pembaca setia blog Shogi Sugoi. Kita kembali berjumpa pada posting ke lima
di blog ini. Saya akan perkenalkan salah satu serial yang akan pastinya jadi
favorit anda sekalian di blog saya ini. Ya, serial ini bernama "Analyzing
Practice". Apa itu Analyzing Practice? Ini adalah serial yang akan
membantu anda memahami Shogi lewat sebuah diagram Shogi dan selalu ditanyakan
apa langkah yang akan anda ambil jika melihat posisi pada diagram. Pada post
ini juga akan langsung saya bahas sehingga bisa membantu anda dalam memahami
Shogi seutuhnya.
Langsung
saja kita mulai. Ini dia!
Bagaimana
anda menganalisa diagram di atas?
Karena
ini adalah seri pertama, jadi saya akan ajarkan cara umum untuk menganalisa
sebuah posisi. Cara ini berlaku baik ketika anda memainkan posisi pemain yang
jalan dulu alias Sente (pada diagram yang ujung lancip pada buahnya ada di
atas), maupun ketika anda menjadi pemain Gote (pada diagram yang ujung lancip
pada buahnya ada di bawah). Apa saja hal yang harus anda perhatikan ketika anda
menganalisa? Berikut ini pembahasannya!
Pertama : kenali
dulu potensi Skakmat bagi masing-masing pemain
Cobalah
anda cek keamanan Raja lawan anda! Apabila Raja lawan anda bisa anda Skakmat,
maka sudah pasti langkah anda selanjutnya adalah men-Skakmat Raja lawan. Jika
anda tidak bisa melakukan Skakmat, sekarang cek terlebih dahulu kemanan Raja
anda. Bila lawan anda bisa melakukan Skakmat, maka cobalah untuk defend dulu
posisi Sumero lawan tersebut. Bila posisi Raja anda masih dalam keadaan aman,
maka model analisa yang kita gunakan adalah analisa umum.
Kedua : lakukan
analisa lapangan, analisa jangka pendek, dan analisa jangka panjang
Ini
adalah konsep analisa umum. Analisa lapangan bermanfaat untuk mencari langkah
apa yang kira-kira bisa anda mainkan. Analisa jangka pendek dan analisa jangka
panjang berfungsi untuk mengecek apakah langkah yang bisa anda mainkan itu
memiliki kelemahan dan memiliki manfaat jangka panjang atau tidak.
Jika
saya, saya akan selalu mengecek dari dua sisi. Saya maupun lawan. Lakukan itu
dari sisi analisa lapangan. Apa maksudnya? Anda pasti paham analisa lapangan
modelnya seperti apa. Pada analisa lapangan, ada 4 lemah yang harus dianalisa.
Keempat lemah itu dianalisa baik dari sisi anda maupun lawan. Dengan kata lain,
kedua sisi harus kita cek. Itu berarti :
-
cek
petak lemah bagi anda
-
cek
petak lemah bagi lawan
-
cek
kelemahan struktur pada buah anda
-
cek
kelemahan struktur pada buah lawan
-
cek
apa ada buah anda yang tidak ada defendernya sama sekali
-
cek
apa ada buah lawan yang tidak ada buah lawan sama sekali
-
cek
apa ada kelemahan penjagaan pada buah anda
-
cek
apa ada kelemahan penjagaan pada buah lawan
Sebenarnya,
cara lain bisa seperti ini. Sebelum saya melakukan analisa lapangan, maka saya
akan tentukan dulu policy langkah saya apakah akan menyerang atau bertahan.
Perbedaan dari policy menyerang dan bertahan ada pada lokasinya. Menyerang
berlokasi pada, petak di markas lawan, petak di sekitar Raja lawan, dan petak
di lapangan (terutama yang berisi buah lawan). Sedangkan bertahan berlokasi
pada petak di markas sendiri, petak di sekitar Raja sendiri, dan petak di
lapangan (terutama yang berisi buah sendiri).
Ditentukan
atau tidak ditentukan dulu policy anda, ketika anda sudah memiliki beberapa
pilihan maka anda diharuskan memilih mana yang akan anda mainkan. Jangan
bingung! Ini adalah tips untuk memilih :
-
tingkat
keamanan. Semakin dekat dengan lokasi Raja, semakin rawan
-
keuntungan.
Dihubungkan dengan nilai dari buah anda yang hilang dibandingkan dengan nilai dari
buah lawan yang berhasil anda dapatkan (jika sebuah langkah menyebabkan anda
hanya kehilangan Pion untuk mendapatkan Benteng lawan tentu ini sebuah
keuntungan yang bagus)
Kita
kembali ke diagram. Jelas dari diagram itu bisa dipastikan baik Sente maupun
Gote tidak bisa membuat Skakmat sama sekali. Juga dari pengamatan saya,
keduanya sama-sama belum bisa membuat ancaman Skakmat (Sumero) kepada Raja
lawan masing-masing. Maka kita akan gunakan konsep analisa umum untuk
menganalisa diagram di atas. Mari lakukan cek dari segi Sente dan Gote.
Petak lemah.
Salah
satu petak lemah di Sente adalah 6h, nilainya 0. Apabila sekarang giliran Gote,
Gote bisa mencoba langkah P*6h. Tujuan dari Gote adalah mempromosikan Pionnya
dengan bergerak ke 6i. Langkah itu however tidak lolos analisa jangka panjang.
Mengapa? Karena Sente bisa membalas dengan S-7h. Petak 6i terdefend (Pion 6h
Gote tidak bisa promosi) sekaligus S-7h akan menyerang Benteng Promosi Gote di
7g.
Petak
lemah lainnya bagi Sente ada di 9i dan 7i. Keduanya dapat difork sekaligus oleh
Gote dengan langkah B*8h. Hebatnya lagi, Sente tidak akan pernah bisa defend
dua petak itu sama sekali. Gajah Gote bisa promosi dengan mudah di petak 9i
atau 7i.
Petak
9b adalah petak lemah bagi Gote. Tapi Sente tidak bisa drop Pion di sana untuk
mengeksploitas kelemahan Gote tersebut, karena masih ada Pionnya di file 9.
Maka Sente bisa mencoba langkah P-9f. Ini adalah langkah Sac. Tujuannya untuk
menghilangkan Pion di file 9. Apabila Gote terima Sac tersebut dengan Px9f, maka
langkah selanjutnya Sente adalah P*9b. Sente bisa mendapatkan Tombak lawan.
Overview petak
lemah
Dari
pembahasan tentang petak lemah, inti dari petak lemah adalah di 8h (lemah bagi
Sente, karena Gote bisa Drop Gajah di sana untuk ancaman promosi tak terhindarkan
ke petak 9i atau 7i) dan di petak 9b (lemah bagi Gote). Namun kelemahan di 9b
bisa dihindarkan dengan catatan, Gote tolak langkah Sac Sente (P-9f). Kelemahan
Sente di 8h adalah kelemahan absolut. Apabila sekarang giliran Sente, Sente
punya kesempatan untuk defend 8h dengan buah Shogi yang memiliki Rank di bawah
Gajah. Pada kenyataannya apabila sekarang giliran Sente, Sente sama sekali
tidak bisa defend 8h bukan? Btw, apa maksudnya Sente harus defend 8h dengan
buah yang ranknya di bawah Gajah? Itu karena petak 8h juga dijaga oleh Benteng
Promosi Gote di 7g. Seandainya Sente bisa defend 8h, dan Gote benar-benar
melakukan B*8h, maka Sente bisa langsung menangkap Gajah Gote di 8h dengan
kompensasi, buah Sente yang menangkap itu akan bisa langsung tertangkap Benteng
Promosi Gote.
Kelemahan
struktur.
Ada
dua kelemahan strukur pada diagram yang saya temukan. Satu pada Sente dan satu
pada Gote. Pada Sente, posisi Emas di 3h dan 5h sangat rawan. Seandainya Gote
bisa mendapatkan Perak, maka Gote bisa S*4i untuk mem-fork keduanya. Untungnya
Gote tidak punya Perak di Drop Zone. Namun Gote masih bisa Nx4f untuk memfork
kedua Emas Sente itu. Petak 4f memang masih dijaga dengan baik oleh Gajah
Promosi Sente di 5f. Namun tentu semua penjagaan bisa dipatahkan, termasuk
penjagaan Gajah Promosi Sente tersebut.
Kelemahan
struktur pada kubu Gote ada pada posisi Perak di 2b dan Emas di 4b. Namun
ketimbang kelemahan struktur Sente, kelemahan struktur Gote ini belum begitu
prioritas karena belum ada ancaman langsung dari Sente. Beda dengan kelemahan
struktur pada kubu Sente yang bisa diancam langsung dengan Nx4f.
Overview
kelemahan struktur
Jika
sekarang giliran Gote, Gote tidak perlu terburu-buru membenahi kelemahan
strukturnya. Namun perlu tetap menjadi perhatian. Tugas Gote adalah jangan
sampai Sente menangkap Kuda. Sebab Kuda yang di Drop di 3d tentu bisa
membahayakan pertahanan Gote. Bila Sente berhasil mendapatkan Kuda, Gote bisa
memperbaiki strukturnya atau tambah defend di 3d (untuk mencegah Kuda di Drop
di 3d).
Ancaman
lebih besar ada pada kelemahan struktur Sente. Bila sekarang Sente yang jalan,
meski petak 4f masih didefend oleh Gajah Promosi di 5f, namun boleh juga Sente
mencoba memperbaiki kelemahan strukturnya. Caranya adalah G5h-4h, meski langkah
ini memiliki kelemahan yakni berkurangnya defend di petak 6g (namun defend di
sana masih cukup). G3h-4h bukan keputusan bijaksana bagi Sente, karena langkah
ini akan melemahkan pertahanan Raja (Castle). Langkah ini melemahkan defend
pada petak Perak 2g. Petak 2g tentu lebih penting daripada 6g bagi Sente.
Buah Shogi yang
tidak ter-defend.
Ada
banyak buah Shogi yang tidak ada defendernya sama sekali. Namun yang paling
perlu menjadi catatan adalah Perak Gote 6d dan Pion Gote 3d. Keduanya sama-sama
mendapat ancaman langsung dari buah-buah Sente. Dari kualitas buah, Perak 6d
memang lebih penting daripada Pion 3d. Namun apabila Pion 3d itu hilang, maka
perlu menjadi catatan Gote bahwa petak 3d akan kosong. Dan apabila Sente bisa
mendapatkan Kuda, maka Sente bisa Drop Kuda di sana.
Buah
yang tidak terjaga dari kubu Sente, tidak memiliki ancaman langsung sama
sekali. Namun Sente perlu mewaspadai langkah Gote +R-8h. Langkah itu memiliki
ancaman langsung terhadap Tombak Sente di 9i dan Tombak Gote tidak dapat
menghindar lagi dan juga tidak ada langkah Sente yang bisa defend Tombak
tersebut.
Overview buah
Shogi yang tidak ter-defend.
Apabila
sekarang giliran Sente, maka Sente bisa melakukan Rx6d+ untuk menangkap gratis
Perak Gote di 6d. Petak 5a akan jadi kelemahan buat Gote selanjutnya, karena
S*5a akan sakit buat Gote.
Apabila
sekarang giliran Gote, maka Gote bisa melindungi Peraknya dengan dua
kemungkinan yakni Sx7e atau +Rx7e. Sx7e memang akan membuat Benteng Sente di 6b
ikut melindungi Perak 6g nya, namun setidaknya langkah ini akan membuat Benteng
Promosi tetap berada pada "mode menyerang". Saya lebih
merekomendasikan Sx7e ketimbang +Rx7e.
Kelemahan
penjagaan
Ada
satu penjagaan penting yang saya temukan dalam diagram itu. Yakni penjagaan
Gajah Promosi 5f ke petak 4f. Petak 4f adalah petak yang berbahaya bagi Sente
karena langkah Gote Nx4f akan mem-fork dua Emasnya di 3h dan 5h, yang mana
kedua Emas itu adalah komponen Castle Sente. Apabila Gajah Promosi Sente
bergerak ke 5e, 4e, atau 4g, maka langkah itu masih tetap mendefend petak 4f.
Jika Gote ingin mematahkan penjagaan di sana, maka Gote harus membuat Gajah
Promosi itu bergerak ke petak selain 5e, 4e, atau 4g, atau coba menangkap Gajah
Promosi Gote.
Overview
kelemahan penjagaan
Lalu
apakah ada cara agar Gote bisa mematahkan penjagaan tersebut? Ada! Apabila
sekarang giliran Gote, Gote bisa mencoba B*6e. Perlu diingat, bahwa langkah ini
bertujuan untuk bertukar Gajah dengan kompensasi Sente akan mendapatkan Perak
juga. Dengan kata lain, Gote akan mengorbankan Peraknya demi bertukar Gajah dan
menghilangkan defend Sente di 4f.
Overview Analisa
Lapangan
Berikut
ini langkah-langkah yang bisa dimainkan, berdasarkan elemen-elemen pada analisa
lapangan.
Analisa
Lapangan
|
Langkah Sente
|
Langkah Gote
|
Kelemahan Petak
|
P-9f
|
B*8h
|
Kelemahan Struktur
|
G5h-4h
|
-
|
Buah yang Tidak Terjaga
|
Rx6d+
|
Sx7e
|
Kelemahan Penjagaan
|
-
|
B*6e
|
Analisa saya
Dari
enam langkah pada tabel di atas, saya akan memilih Rx6d+ untuk Sente dan Sx7e
untuk Gote. Untuk Gote, saya juga menyukai B*6e karena langkah ini memiliki
nilai offensive. Namun saya juga memikirkan petak 5a yang lemah bagi Gote,
seandainya Sente bisa mendapatkan Perak nantinya. Bagi anda yang menyukai
menyerang, mungkin akan lebih memilih B*6e.
Ini
adalah analisa saya. Apa anda memiliki pendapat berbeda? Silahkan jangan
segan-segan untuk memberikan pendapat anda lewat komentar di blog ini :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar