Seperti
yang sudah saya janjikan pada post sebelumnya, saya akan membahas tentang
Mating Formula secara lebih rinci lagi di post kali ini. Post ini saya akan
membahas semua karakteristiknya saja disertai dengan gambar agar lebih jelas.
Adapun untuk lebih spesifik lagi, saya akan membahas 1 Mating Formula secara
khusus dalam 1 post, dengan disertai contoh kasus, dalam post-post mendatang.
Mating
Formula adalah posisi-posisi tertentu di papan Shogi yang sudah pasti bisa
berbuah pada Skakmat. Mating Formula digunakan sebagai bagian dalam proses CMC
(Checkmate Checker). CMC sendiri merupakan cara mengecek apakah ada Skakmat
pada posisi tersebut. CMC digunakan dalam endgame analysis. Endgame analysis
sendiri mengecek apakah Raja sedang dalam kena Sumero (ancaman Skakmat), Sumero
posisi (Sumero yang tidak cukup
diubah menjadi Skakmat karena kekurangan buah Shogi tertentu di Drop Zone),
atau belum Sumero sama sekali.
Seperti
sudah dijelaskan secara garis besar pada post sebelumnya, bahwa ada 6 macam
Mating Formula yang saya temukan. Keenam Mating Formula tersebut adalah Stunned
King, King in Inside Zone, 1 Gold Checkmate, 2 Gold Checkmate, 3 Gold
Checkmate, dan Skewering Mate. Saya akan menjelaskan tiap Mating Formula lewat
tabel, berdasarkan 4 elemen yakni petak target, petak yang diblok (petak yang
tidak bisa menjadi tujuan gerak Raja, entah karena petak itu dipengaruhi buah
penyerang atau karena petak itu ditempati buah pemain bertahan sendiri), nilai
petak target, jenis buah penyerang.
Mating Formula
|
Petak Target
|
Nilai Awal Petak
Target
|
Petak yang
Diblok
|
Buah Penyerang
|
Stunned King
|
Salah satu IP Raja, atau petak yg
bukan IP Raja yg satu vertikal, horizontal, atau diagonal, atau petak pada
arah L maju dari Raja
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak
|
Semua IP Raja
|
Apa saja
|
King in Inside Zone – Two Side
|
IP Raja pada arah maju lurus
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak
|
IP pada arah mundur lurus, mundur
diagonal, maju lurus, dan maju diagonal
|
1 Emas, atau 1 Perak, atau 1 bentuk
promosi dari buah Shogi apa saja
|
King in Inside Zone – One Side
|
Alternatif 1 : petak pada arah maju
diagonal yang berada pada satu file (deret vertikal) dengan IP pada arah
samping yang tidak diblok, atau IP pada arah maju lurus
Alternatif 2 : satu petak pada
serangan Kuda lawan yang berada pada satu file dengan IP arah samping yang
tidak diblok, dan satu petak (yang bukan petak Raja) pada arah samping dari
IP di samping Raja yang bebas
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak
Untuk nilai petak target pada
alternatif 2, yakni pada petak arah serangan Kuda lawan yang berada pada satu
file dengan IP arah samping yang tidak diblok, apabila pengaruh dari pemain
bertahan ke petak tersebut maka tiap 1 poin pengaruh pemain bertahan, harus
ada 1 pengaruh Kuda penyerang.
|
IP pada arah mundur lurus, mundur
diagonal, maju lurus, maju diagonal,
dan salah satu IP pada arah samping
|
Alternatif 1 : 1 Emas, atau 1 Perak,
atau 1 bentuk promosi dari buah Shogi apapun
Alternatif 2 : 1 Kuda dan 1 Emas, atau
1 Kuda dan 1 Benteng, atau 1 Kuda dan 1 bentuk promosi buah Shogi apapun
|
1 Gold Checkmate
|
IP pada arah maju lurus
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak
|
IP pada arah mundur lurus, mundur
diagonal, dan arah maju lurus
|
1 buah :
Emas atau bentuk promosi buah Shogi apapun
|
2 Gold Checkmate
|
IP pada arah maju lurus, petak yang
ditempati Raja, dan kedua IP pada arah samping
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju
lurus.
0 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -1 atau kurang dari itu bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak
target yang berupa kedua IP pada arah samping, dan untuk petak yang ditempati
Raja
|
IP pada arah maju lurus.
Raja bisa mundur ke segala arah
maksimal 1 kali (setelah itu tidak bisa mundur sama sekali)
|
2 buah :
Emas atau bentuk promosi buah Shogi apapun
|
3 Gold Checkmate
|
IP pada arah maju lurus, kedua IP pada
arah samping, petak yang ditempati Raja, IP pada arah mundur lurus, kedua IP
pada arah mundur diagonal, dan petak
(yang bukan IP Raja itu) yang letaknya bersebelahan persis dengan petak-petak
IP pada arah mundur diagonal.
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju
lurus.
0 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -1 atau kurang dari itu bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak
target yang berupa kedua IP pada arah samping, petak yang ditempati Raja, IP
pada arah mundur lurus, kedua IP pada arah mundur diagonal, dan petak-petak
yang bersebelahan (yang bukan termasuk IP Raja itu) dengan IP Raja pada arah
mundur diagonal
|
IP pada arah maju lurus.
Raja bisa mundur ke segala arah
maksimal 2 kali (setelah itu tidak bisa mundur sama sekali)
|
3 buah :
Emas atau bentuk promosi buah Shogi apapun
|
Skewering Mate – Lance
|
IP arah maju lurus
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju
lurus.
Jika ada pengaruh pemain bertahan ke
petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1
pengaruh Tombak penyerang.
|
Raja hanya bisa bergerak mundur lurus
(petak yang diblok adalah semua IP kecuali pada arah mundur lurus)
|
Tombak
|
Skewering Mate – Rook
|
IP arah maju lurus, atau IP pada arah
mundur lurus, atau salah satu IP pada arah samping
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju
lurus.
Jika ada pengaruh pemain bertahan ke
petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1
pengaruh Benteng (atau boleh juga Benteng Promosi) penyerang.
|
Petak target, dan
kedua IP pada arah mundur diagonal dan
kedua IP pada arah samping (bila petak target IP arah maju lurus)
atau
kedua IP pada arah maju lurus dan
kedua IP pada arah samping (bila petak target IP pada arah mundur lurus)
atau
IP arah maju lurus dan IP arah mundur
lurus dan salah satu IP arah maju lurus (yang tidak satu file dengan petak
target) dan salah satu IP arah mundur lurus (yang tidak satu file dengan
petak target)
|
Benteng
|
Skewering Mate – Bishop
|
Salah satu IP diagonal Raja
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju
lurus.
Jika ada pengaruh pemain bertahan ke
petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1
pengaruh Gajah (atau boleh juga Gajah Promosi) penyerang.
|
Semua IP Raja, kecuali salah satu IP
pada arah diagonal yang berada pada satu diagonal dengan petak target
|
Gajah
|
Skewering Mate – Dragon
|
IP pada arah maju lurus, atau IP pada
arah mundur lurus, atau salah satu IP pada arah samping
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju
lurus.
Jika ada pengaruh pemain bertahan ke
petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1
pengaruh Benteng Promosi penyerang.
|
Petak target, dan
kedua IP pada arah mundur diagonal
(bila petak target IP pada arah maju lurus)
atau
kedua IP pada arah maju diagonal (bila
petak target IP pada arah mundur lurus)
atau
2 petak IP arah diagonal yang tidak
satu file dengan petak target (bila petak target adalah IP pada arah samping)
|
Benteng Promosi
|
Skewering Mate – Horse
|
Salah satu IP pada arah diagonal Raja
|
-1 bila Skak dilakukan dengan drop,
atau -2 atau kurang dari itu (-3, -4,
-5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju
lurus.
Jika ada pengaruh pemain bertahan ke
petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1
pengaruh Gajah Promosi penyerang.
|
Petak target, IP pada arah maju lurus
atau mundur lurus (yang tidak berada satu rank / deret horizontal dengan
petak target), salah satu IP pada arah mundur diagonal (yang berada satu file
dengan petak target), salah satu IP pada arah samping (yang tidak berada satu
file dengan petak target).
|
Gajah Promosi
|
Anda
mungkin masih bingung untuk memahami lokasi petak yang diblok dan petak yang
diblok. Saya akan mengajak anda untuk melihat lebih jelasnya dalam
gambar-gambar di bawah ini. Untuk semua contoh gambar-gambar di bawah ini :
-
Petak
berwarna merah adalah petak target yang termasuk petak yang diblok
-
Petak
berwarna kuning adalah petak target yang tidak (harus) termasuk petak yang
diblok
-
Petak
berwarna biru adalah petak yang diblok, yang tidak termasuk petak target
STUNNED KING
KING IN INSIDE
ZONE – TWO SIDE
KING IN INSIDE
ZONE – ONE SIDE
1 GOLD CHECKMATE
2 GOLD CHECKMATE
3 GOLD CHECKMATE
SKEWERING MATE –
LANCE
SKEWERING MATE –
ROOK
SKEWERING MATE –
DRAGON
SKEWERING MATE –
BISHOP
SKEWERING MATE –
HORSE
Itulah
gambar-gambar yang menunjukkan lokasi dari petak target dan petak yang diblok
untuk masing-masing Mating Formula. Mudah-mudahan, dengan gambar-gambar
tersebut anda jadi semakin paham tentang macam-macam Mating Formula yang saya
sajikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar