Senin, 22 Oktober 2012

Mating Formula


Seperti yang sudah saya janjikan pada post sebelumnya, saya akan membahas tentang Mating Formula secara lebih rinci lagi di post kali ini. Post ini saya akan membahas semua karakteristiknya saja disertai dengan gambar agar lebih jelas. Adapun untuk lebih spesifik lagi, saya akan membahas 1 Mating Formula secara khusus dalam 1 post, dengan disertai contoh kasus, dalam post-post mendatang.


Mating Formula adalah posisi-posisi tertentu di papan Shogi yang sudah pasti bisa berbuah pada Skakmat. Mating Formula digunakan sebagai bagian dalam proses CMC (Checkmate Checker). CMC sendiri merupakan cara mengecek apakah ada Skakmat pada posisi tersebut. CMC digunakan dalam endgame analysis. Endgame analysis sendiri mengecek apakah Raja sedang dalam kena Sumero (ancaman Skakmat), Sumero posisi (Sumero yang tidak cukup diubah menjadi Skakmat karena kekurangan buah Shogi tertentu di Drop Zone), atau belum Sumero sama sekali.

Seperti sudah dijelaskan secara garis besar pada post sebelumnya, bahwa ada 6 macam Mating Formula yang saya temukan. Keenam Mating Formula tersebut adalah Stunned King, King in Inside Zone, 1 Gold Checkmate, 2 Gold Checkmate, 3 Gold Checkmate, dan Skewering Mate. Saya akan menjelaskan tiap Mating Formula lewat tabel, berdasarkan 4 elemen yakni petak target, petak yang diblok (petak yang tidak bisa menjadi tujuan gerak Raja, entah karena petak itu dipengaruhi buah penyerang atau karena petak itu ditempati buah pemain bertahan sendiri), nilai petak target, jenis buah penyerang.

Mating Formula
Petak Target
Nilai Awal Petak Target
Petak yang Diblok
Buah Penyerang
Stunned King
Salah satu IP Raja, atau petak yg bukan IP Raja yg satu vertikal, horizontal, atau diagonal, atau petak pada arah L maju dari Raja
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak

Semua IP Raja
Apa saja
King in Inside Zone – Two Side
IP Raja pada arah maju lurus
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak

IP pada arah mundur lurus, mundur diagonal, maju lurus, dan maju diagonal
1 Emas, atau 1 Perak, atau 1 bentuk promosi dari buah Shogi apa saja
King in Inside Zone – One Side
Alternatif 1 : petak pada arah maju diagonal yang berada pada satu file (deret vertikal) dengan IP pada arah samping yang tidak diblok, atau IP pada arah maju lurus

Alternatif 2 : satu petak pada serangan Kuda lawan yang berada pada satu file dengan IP arah samping yang tidak diblok, dan satu petak (yang bukan petak Raja) pada arah samping dari IP di samping Raja yang bebas
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak

Untuk nilai petak target pada alternatif 2, yakni pada petak arah serangan Kuda lawan yang berada pada satu file dengan IP arah samping yang tidak diblok, apabila pengaruh dari pemain bertahan ke petak tersebut maka tiap 1 poin pengaruh pemain bertahan, harus ada 1 pengaruh Kuda penyerang.

IP pada arah mundur lurus, mundur diagonal, maju lurus,  maju diagonal, dan salah satu IP pada arah samping
Alternatif 1 : 1 Emas, atau 1 Perak, atau 1 bentuk promosi dari buah Shogi apapun

Alternatif 2 : 1 Kuda dan 1 Emas, atau 1 Kuda dan 1 Benteng, atau 1 Kuda dan 1 bentuk promosi buah Shogi apapun
1 Gold Checkmate
IP pada arah maju lurus
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak

IP pada arah mundur lurus, mundur diagonal, dan arah maju lurus
1 buah :
Emas atau  bentuk promosi buah Shogi apapun
2 Gold Checkmate
IP pada arah maju lurus, petak yang ditempati Raja, dan kedua IP pada arah samping
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju lurus.

0 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -1 atau kurang dari itu bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target yang berupa kedua IP pada arah samping, dan untuk petak yang ditempati Raja

IP pada arah maju lurus.

Raja bisa mundur ke segala arah maksimal 1 kali (setelah itu tidak bisa mundur sama sekali)
2 buah :
Emas atau  bentuk promosi buah Shogi apapun
3 Gold Checkmate
IP pada arah maju lurus, kedua IP pada arah samping, petak yang ditempati Raja, IP pada arah mundur lurus, kedua IP pada arah mundur diagonal, dan  petak (yang bukan IP Raja itu) yang letaknya bersebelahan persis dengan petak-petak IP pada arah mundur diagonal.
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju lurus.

0 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -1 atau kurang dari itu bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target yang berupa kedua IP pada arah samping, petak yang ditempati Raja, IP pada arah mundur lurus, kedua IP pada arah mundur diagonal, dan petak-petak yang bersebelahan (yang bukan termasuk IP Raja itu) dengan IP Raja pada arah mundur diagonal

IP pada arah maju lurus.

Raja bisa mundur ke segala arah maksimal 2 kali (setelah itu tidak bisa mundur sama sekali)
3 buah :
Emas atau  bentuk promosi buah Shogi apapun
Skewering Mate – Lance
IP arah maju lurus
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju lurus.

Jika ada pengaruh pemain bertahan ke petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1 pengaruh Tombak penyerang.

Raja hanya bisa bergerak mundur lurus (petak yang diblok adalah semua IP kecuali pada arah mundur lurus)
Tombak
Skewering Mate – Rook
IP arah maju lurus, atau IP pada arah mundur lurus, atau salah satu IP pada arah samping
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju lurus.

Jika ada pengaruh pemain bertahan ke petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1 pengaruh Benteng (atau boleh juga Benteng Promosi) penyerang.
Petak target, dan

kedua IP pada arah mundur diagonal dan kedua IP pada arah samping (bila petak target IP arah maju lurus)

atau

kedua IP pada arah maju lurus dan kedua IP pada arah samping (bila petak target IP pada arah mundur lurus)

atau

IP arah maju lurus dan IP arah mundur lurus dan salah satu IP arah maju lurus (yang tidak satu file dengan petak target) dan salah satu IP arah mundur lurus (yang tidak satu file dengan petak target)

Benteng
Skewering Mate – Bishop
Salah satu IP diagonal Raja
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju lurus.

Jika ada pengaruh pemain bertahan ke petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1 pengaruh Gajah (atau boleh juga Gajah Promosi) penyerang.

Semua IP Raja, kecuali salah satu IP pada arah diagonal yang berada pada satu diagonal dengan petak target
Gajah
Skewering Mate – Dragon
IP pada arah maju lurus, atau IP pada arah mundur lurus, atau salah satu IP pada arah samping
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju lurus.

Jika ada pengaruh pemain bertahan ke petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1 pengaruh Benteng Promosi penyerang.

Petak target, dan

kedua IP pada arah mundur diagonal (bila petak target IP pada arah maju lurus)

atau

kedua IP pada arah maju diagonal (bila petak target IP pada arah mundur lurus)

atau

2 petak IP arah diagonal yang tidak satu file dengan petak target (bila petak target adalah IP pada arah samping)

Benteng Promosi
Skewering Mate – Horse
Salah satu IP pada arah diagonal Raja
-1 bila Skak dilakukan dengan drop, atau -2 atau kurang dari itu   (-3, -4, -5, dst….) bila Skak dilakukan dengan gerak untuk petak target arah maju lurus.

Jika ada pengaruh pemain bertahan ke petak target, maka untuk setiap 1 poin pengaruh pemain bertahan harus ada 1 pengaruh Gajah Promosi penyerang.
Petak target, IP pada arah maju lurus atau mundur lurus (yang tidak berada satu rank / deret horizontal dengan petak target), salah satu IP pada arah mundur diagonal (yang berada satu file dengan petak target), salah satu IP pada arah samping (yang tidak berada satu file dengan petak target).
Gajah Promosi

Anda mungkin masih bingung untuk memahami lokasi petak yang diblok dan petak yang diblok. Saya akan mengajak anda untuk melihat lebih jelasnya dalam gambar-gambar di bawah ini. Untuk semua contoh gambar-gambar di bawah ini :
-          Petak berwarna merah adalah petak target yang termasuk petak yang diblok
-          Petak berwarna kuning adalah petak target yang tidak (harus) termasuk petak yang diblok
-          Petak berwarna biru adalah petak yang diblok, yang tidak termasuk petak target

STUNNED KING


KING IN INSIDE ZONE – TWO SIDE


KING IN INSIDE ZONE – ONE SIDE


1 GOLD CHECKMATE


2 GOLD CHECKMATE


3 GOLD CHECKMATE


SKEWERING MATE – LANCE


SKEWERING MATE – ROOK


SKEWERING MATE – DRAGON


SKEWERING MATE – BISHOP


SKEWERING MATE – HORSE




Itulah gambar-gambar yang menunjukkan lokasi dari petak target dan petak yang diblok untuk masing-masing Mating Formula. Mudah-mudahan, dengan gambar-gambar tersebut anda jadi semakin paham tentang macam-macam Mating Formula yang saya sajikan. 

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar